Pembelajaran dengan Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Case Method dalam Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa
DOI:
https://doi.org/10.62048/qjms.v2i1.70Kata Kunci:
bimbingan klasikal, metode kasus, tanggung jawab akademikAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat tanggung jawab akademik siswa yang masih menjadi tantangan dalam lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan layanan bimbingan klasikal menggunakan teknik case method dalam meningkatkan tanggung jawab akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe one group pretest-posttest design. Intervensi dilakukan sebanyak 7 sesi selama satu bulan pada 32 siswa kelas XI yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala tanggung jawab akademik yang dikembangkan berdasarkan teori Mergler (2017), dengan validitas instrumen pada rentang 0,323–0,503 dan reliabilitas 0,778. Hasil analisis menggunakan uji t mendapatkan nilai t sebesar 12,673 dengan p-value <0.001, yang mengindikasikan bahwa layanan bimbingan klasikal teknik case method efektif meningkatkan tanggung jawab akademik siswa. Temuan ini dapat digunakan sebagai referensi untuk mengembangkan strategi peningkatan tanggung jawab akademik siswa serta mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi variabel, intervensi, dan metode yang berbeda untuk memperluas wawasan dan memperbandingkan hasil temuan
Referensi
Aslamiyah, S. S. (2020). Implementasi tata tertib sekolah dalam penanaman budaya disiplin siswa. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 183–194. https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.2053
Dewirati Juita, B., Susanti, R. H., & Permatasari, D. (2021). Upaya meningkatkan tanggung jawab akademik mahasiswa Manggarai Universitas PGRI Kanjuruhan Malang melalui konseling kelompok realita. JKI (Jurnal Konseling Indonesia, 6(2), 56–61. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Diananda, A. (2018). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.169
Dwi Puspitasari, W., & Febrinita, F. (2021). Pengujian validasi isi (content validity) angket persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring matakuliah matematika komputasi. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M, 4(1), 77–90. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3254
Fajar, M., Rahajeng Nursabrina, L., Sita Putri, M. K., & Flurentin, E. (2023). Penggunaan media bimbingan dan konseling permainan ular tangga dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X SMK Negeri 5 Malang. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 6, 688–695. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3962
Falah, N. (2016). Peningkatan layanan bimbingan dan konseling melalui pelatihan pembuatan media bimbingan pada konselor sekolah di MAN Lab. UIN Yogyakarta. Hisbah, 13(1), 59–85. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.131-04
Fatimah, S., & Nuraninda, F. A. (2021). Peranan orang tua dalam pembentukan karakter remaja generasi 4.0. Jurnal Basicedu, 5(5), 3705–3711. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1346
Fauzi, A., Ermiana, I., & Nur, A. (2022). Implementasi case method (pembelajaran berbasis pemecahan kasus) ditinjau dari kemampuan kolaboratif mahasiswa. Jurnal Eduscience, 9(3), 809–817. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3446
Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Fakultas Teknik UNY.
Kusumadewi, K. R., Sedanayasa, G., & Madri, N. N. (2014). Efektivitas konseling gestalt dengan teknik “saya bertanggung jawab atas …” untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa. Jurnal Online Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3645
L., & Bariyyah, K. (2020). Efektivitas konseling kelompok teknik token ekonomi untuk meningkatkan sikap tanggung jawab akademik mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 10(1), 51–56. https://doi.org/10.21067/jip.v10i1.4135
Mergler, A. (2017). Personal responsibility: An integrative review of conceptual and measurement issues of the construct. Research Papers in Education, 32(2), 254–267. https://doi.org/10.1080/02671522.2016.1225801
Probowati, D., Apriani, R., & Indreswari, H. (2023). Pengembangan e-modul berbasis case method pada mata kuliah praktikum konseling psikodinamik (Case method-based e-module development in psychodynamic counseling practicum course). Buletin Konseling Inovatif, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.17977/um059v3i12023p71-80
Rosada, U. D., Cahya Farhani, F., & Nurani, W. (2019). Peran layanan bimbingan dan konseling dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 2019.
Rowe, P. A., & Perry, C. (2014). Implementation of realism in case study research methodology. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/43095715
Sibua, A. S. (2022). Pengembangan instrumen pengukuran nilai tanggung jawab akademik siswa kelas VIII SMP Negeri II Pulau Morotai. Jurnal Pasifik Pendidikan, 1(3), 76–87. https://doi.org/10.51135/jukip.v1i3.15
Setyawan, B. (2019). Pengembangan media Google Site dalam bimbingan klasikal di SMAN 1 Sampung. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 78–87. https://doi.org/10.29407/nor.v6i2.13797
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukriyatun, G. (2022). Pendidikan karakter pada kurikulum 2013 dan perkembangannya menuju profil pelajar Pancasila. Primer Edukasi Journal, 1(2), 23–37. https://doi.org/10.56406/jpe.v1i2.96
Tri Cahyono. (2022). Implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam penguatan profil pelajar Pancasila. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(2), 125–134. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/prophetic
Yalsinkaya, E., Tastan-Kirik, Ö., Boz, Y., & Yildiran, D. (2012). Is case-based learning an effective teaching strategy to challenge students’ alternative conceptions regarding chemical kinetics? Research in Science and Technological Education, 30(2), 151–172.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Studi Multidisiplin Qomaruna
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Works in this journal are licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International.