Peran Transportasi Online Terhadap Pendapatan Masyarakat dan Perubahan Sosial Ekonomi di Kota Baubau
DOI:
https://doi.org/10.62048/qjms.v2i2.91Kata Kunci:
Kota Baubau, Kururio, Transportasi Online, OjekAbstrak
Kota Baubau merupakan salah satu kota yang berada di Sulawesi Tenggara, dengan sistem pemerintahan dan juga kegiatan ekonominya tentu saja transportasi menjadi komponen penting untuk menunjang kegiatan masyarakatnya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dampak transportasi online terhadap pendapatan para supir ataupun ojek online. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 25 orang yang merupakan ojek online yang aktif, hal ini disebabkan dari pihak kururio tidak bisa memberikan data jumlah pengendara yang memakai jasa online dari kururio. Penelitian diambil menggunakan pengisian kuisioner. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bergabung menjadi mitra Kururio dapat mempengaruhi atau meningkatan pendapatan. Berdasarkan penentuan skor terhadap responden nilai rata-rata yang didapat adalah 2,82 merupakan kategori baik sehingga kesimpulannya yaitu ojek atau supir online mampu memberikan jaminan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Saran yang diberikan adalah pihak Kurio perlu meningkatkan jasa yang diberikan kepada mitra sehingga mitra dapat merasakan dampak yang signifikan dari pendapatan setelah beralih dari ojek konvensional menjadi ojek atau supir online.
Referensi
Arla, B. Y., Efendi, A., & Hajia, M. C. (2022). Analisis pemilihan moda transportasi berbasis online dan konvensional di Kota Baubau. SCEJ (Shell Civil Engineering Journal), 7(1), 34–40. https://doi.org/10.35326/scej.v7i1.2127
Aziah, A., & Rabia, P. (2018). Analisis perkembangan industri transportasi online di era inovasi disruptif (Studi kasus PT Gojek Indonesia). Cakrawala, 18(2), 149–156. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2
Crystrie, D. A., & Adhianur, S. (2022). Pengaruh inovasi ojek menjadi ojek online pada ekonomi kreatif di era revolusi industri 4.0 (Studi kasus pada masyarakat Kota Tasikmalaya). PARTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 52–59. https://doi.org/10.56456/jebdeker.v2i2.112
Diao, M., Kong, H., & Zhao, J. (2021). Impacts of transportation network companies on urban mobility. Nature Sustainability, 4(6), 494–500. https://doi.org/10.1038/s41893-020-00678-z
Dwijayanti, M., & Jember, M. (2021). Dampak ojek online terhadap jam kerja dan pendapatan ojek di Kota Denpasar. E-Jurnal EP Unud, 10(8), 3247–3278.
Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen. BP Universitas Diponegoro.
Hajia, M. C. (2022). Pengaruh pasar tradisional terhadap arus lalu lintas. Jurnal Simki Economic, 5(2), 165–171. https://doi.org/10.29407/jse.v5i2.152
Hajia, M. C. (2023). Analisis rute terbaik menggunakan Shortest Route Problem untuk meminimalkan waktu tempuh transportasi (Studi kasus: Pasar Wameo – Lippo Plaza Kota Baubau). Jurnal Gradasi Teknik Sipil, 7(2), 129–134. https://doi.org/10.31961/gradasi.v7i2.1445
Hidayat, C. W. (2021). The influence of mix marketing on decisions for use of online transportation towards global competition. International Journal of Science, Technology & Management, 2(4), 1154–1163. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i4.253
Lailan, N., Mustapa, K. R., & Inayah, N. (2023). Analisis dampak keberadaan transportasi online pada pendapatan. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEMB), 2(1), 232–240. https://doi.org/10.47233/jemb.v2i3.216
Loda, B. Y., Tungga, C. A., & Ballo, F. W. (2024). Pengaruh transportasi online terhadap penyerapan tenaga kerja di Kota Kupang. MENAWAN: Jurnal Riset dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 2(1), 149–160. https://doi.org/10.61132/menawan.v2i1.149
Lu, H., Zhao, P., Hu, H., Zeng, L., Wu, K. S., & Lv, D. (2022). Transport infrastructure and urban-rural income disparity: A municipal-level analysis in China. Journal of Transport Geography, 99, 103292. https://doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2022.103292
Nasution, A. A., Erwin, K., & Bartuska, L. (2020). Determinant study of conventional transportation and online transportation. Transportation Research Procedia, 44, 276–282. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2020.02.042
Sari, E. P., & Yuedrika, T. (2019). Analisis pengaruh transportasi online terhadap kesempatan kerja dan kesejahteraan di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2), 100–113. https://doi.org/10.32505/v4i2.1253
Setiawan, I., & Esthi, R. B. (2021). Kepuasan kerja pengemudi transportasi online di Indonesia. Forum Ekonomi, 23(4), 781–790. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10227
Simarmata, J., Sitorus, M. R., Yuliantini, & Arubusman, D. A. (2019). The factors influencing passengers’ interest in using transportation services. TEM Journal, 8(3), 945–950. https://doi.org/10.18421/TEM83-36
Subagyo, S. Y., Muchsini, S., & Abidin, A. Z. (2019). Transportasi online dan perubahan sosial dan ekonomi masyarakat (Studi kasus pada driver transportasi online di Kota Malang). Jurnal Respon Publik, 13(4), 25–29.
Sultan, M. A., Marsaoly, N., & Kotta, M. I. (2021). Persepsi masyarakat tentang angkutan online di Kota Ternate. Jurnal Simetrik, 10(2), 350–354. https://doi.org/10.31959/js.v10i2.542
Suryawardani, B., & Wulandari, A. (2020). Determinant factors of customers switching behavior to customer satisfaction and loyalty in online transportation users in Bandung. Jurnal Dinamika Manajemen, 11(1), 12–26. https://doi.org/10.15294/jdm.v11i1.21432
Venter, C., Mahendra, A., & Hidalgo, D. (2019). From mobility to access for all: Expanding urban transportation choices in the Global South. World Resource Report, 48. http://www.citiesforall.org
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Hajia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Works in this journal are licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International.