Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa

Penulis

  • Andre Setiawan Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Eni Rindi Antika Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Sigit Hariyadi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62048/qjms.v2i1.66

Kata Kunci:

konseling, bimbingan kelompok, manajemen diri, manajemen waktu

Abstrak

Belajar adalah aktivitas yang memerlukan manajemen waktu yang baik untuk mencapai efektivitas dan produktivitas. Namun, banyak siswa yang menunjukkan perilaku yang tidak mencerminkan manajemen waktu yang optimal. Studi pendahuluan dilakukan dengan menyebarkan skala manajemen waktu kepada siswa kelas X SMAN 14 Semarang. Hasilnya menunjukkan bahwa 10,3% siswa memiliki manajemen waktu yang sangat rendah, 44,8% rendah, 31% tinggi, dan 13,7% sangat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan manajemen waktu siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan inferensial berupa uji Wilcoxon. Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata  manajemen waktu kelompok eksperimen dari 89,8 pada pre-test menjadi 120,6 pada post-test, sementara kelompok kontrol tidak menunjukkan peningkatan, yaitu dari 88,2 menjadi 85,8. Hasil uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen menghasilkan Z Score sebesar 2,023 dengan taraf signifikansi 0,043 (< 0,05), yang menunjukkan adanya peningkatan manajemen waktu siswa secara signifikan. Sebaliknya, uji Wilcoxon pada kelompok kontrol menghasilkan Z Score sebesar 0,368 dengan taraf signifikansi 0,713 (> 0,05), yang menunjukkan tidak adanya peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self-management efektif meningkatkan manajemen waktu siswa. Penerapan teknik self-management dengan mengedepankan kontrol diri siswa dalam memodifikasi perilakunya dapat meningkatkan manajemen waktu siswa secara signifikan.

Referensi

Abuhmaid, A., & Mohammad, A. (2020). The impact of flipped learning on Procrastination and students' attitudes toward It. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 566–573. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080228

Afidah, M. (2017). Pengaruh self efficacy dan dukungan sosial terhadap penyesuaian diri siswa baru SMA NU 1 Model di Pondok Pesantren Tanwirul Qulub Sungelebak Karanggeneng Lamongan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Apriyanti, M. E., & Syahid, S. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 68–76. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4346

Asmara, T. (2021). Meningkatan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1), 97-105 https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.6471

Asrori, F. (2023). Penggunaan Teknik Self-management dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 3(2), 53–59. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v3i2.151

Astuti, A. D., & Lestari, S. D. (2020). Teknik Self Management untuk mengurangi perilaku terlambat datang di Sekolah. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 54–68. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i1.6304

Astuti, Y. P. D., Supardi, S., & Ajie, G. R. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Manajemen Waktu Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gubug: The Influence Of Group Guidance Services With Problem Solving Technique On Learning Time Management In Grade XI Stud. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 20–26.

Cooper, J. O., Heron, T. E., & Heward, W. L. (1987). Applied Behavior Analysis. Macmillan Publishing Company.

Elvina, S. N. (2019). Teknik self management dalam pengelolan strategi waktu kehidupan pribadi yang efektif. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 123–138. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1058

Firmansyah, M., & Masrun, M. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159.

Forsyth, P. (2009). Janganlah Sia-siakan Waktumu. PT. Gara Ilmu.

Haruna, N. H., & Fajar, M. (2021). Pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xii ips sma perguruan Islam Makassar di masa pendemi Covid-19. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1194

Husainiah, S. H., Flurentin, E., & Ramli, M. (2020). Keefektifan konseling kelompok behavioral teknik self-management untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa SMA yang tinggal di pondok pesantren. Teacher in Educational Research, 2(2), 79–84. http://dx.doi.org/10.33292/ter.v2i2.97

Isnawan, M. G. (2020). Kuasi Eksperimen. Lombok: Nashir Al Kutub Indonesia.

Kristy, D. Z. (2019). Manajemen waktu, dukungan sosial, dan prokrastinasi akademik siswa Kelas XI SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 49–54.

Latipun. (2006). Psikologi Konseling. UMM Press.

Luthfiyanti, U., Supardi, S., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation Games Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Semarang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 27–35. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1694

Mujahidin, E., Rachmat, R., Tamam, A. M., & Alim, A. (2022). Konsep Manajemen Waktu dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 129–146. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2203

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Setiawan, A. ., Antika, E. R., & Hariyadi, S. (2024). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa. Jurnal Studi Multidisiplin Qomaruna, 2(1), 87–99. https://doi.org/10.62048/qjms.v2i1.66

Terbitan

Bagian

Education