Peran Pendidikan Keluarga Yang Harmonis dan Yang Berkarakter Islami Terhadap Pembentukan Kepribadian Pada Anak Usia Dini di Desa Kramat Mengare Bungah Gresik
DOI:
https://doi.org/10.62048/qjms.v1i1.28Kata Kunci:
keluarga, pendidikan anak usia dini, karakter islami, peran orangtua, masyarakat pesisirAbstrak
Keluarga harmonis adalah keluarga yang stabil, minim konflik, dan berfungsi sebagai lembaga pendidikan pertama dan terpenting bagi anak. Dalam pembentukan kepribadian anak, keluarga memegang peran krusial sebagai pemberi pondasi awal. Oleh karena itu, peran ayah dan ibu sangat menentukan dalam membentuk arah dan nuansa keluarga karena anak-anak belum dapat bertanggung jawab sendiri dan sangat bergantung pada orang tuanya dalam berbagai aspek, mulai dari kebutuhan fisik hingga pandangan hidup. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sejauh mana peran pendidikan keluarga yang harmonis dan berkarakter islami terhadap pembentukan kepribadian pada anak usia dini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui obervasi dan wawancara di Desa Kramat, Mengare, Gresik, ditemukan bahwa kesadaran masyarakat terhadap pendidikan anak dini sudah cukup baik, khususnya pada masyarakat yang memiliki status sosial ekonomi cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa keluarga yang harmonis dan pendidikan agama yang kuat berkontribusi signifikan dalam pembentukan kepribadian anak khususnya dalam konteks masyarakat pesisir seperti Desa Kramat.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Works in this journal are licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on the license terms, users are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.