Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Media Bamboozle untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Sekolah Dasar

Penulis

  • Ilvia Habsah Universitas Kanjuruhan Malang, Malang, Indonesia
  • M. Nuril Anwar Habiby Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Linda Indiyarti Putri Universitas Wahid Hasyim, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62048/qjms.v2i2.83

Kata Kunci:

Problem-Based Learning, Bamboozle, Bahasa Inggris, Kosakata, Media

Abstrak

Bahasa merupakan hal yang sangat penting karena berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan informasi, maksud, dan gagasan. Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan berbahasa siswa, termasuk di tingkat sekolah dasar. Namun, pada praktiknya, banyak siswa sekolah dasar yang masih mengalami kesulitan dalam menguasai kosakata Bahasa Inggris akibat metode pengajaran yang kurang bervariasi dan rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) yang didukung oleh media Baamboozle. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas V di UPT SD Negeri 287 Gresik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes penguasaan kosakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Baamboozle dapat meningkatkan keterlibatan, rasa ingin tahu, dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam belajar kosakata Bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan dan bermakna. Hasil pre-test menunjukkan bahwa hanya 31% siswa (11 siswa) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 71,60%. Setelah intervensi, penguasaan kosakata mengalami peningkatan: pada Siklus I, 76,70% siswa masuk dalam kategori “Cukup” (21 siswa tuntas) dan pada Siklus II meningkat menjadi 85% dengan kategori “Baik” (28 siswa tuntas). Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL yang dikombinasikan dengan media digital interaktif dapat secara efektif meningkatkan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar.

Referensi

Afriliyani, R. Dela, & Permatasari, N. (2024). Implementasi Model Pbl (Problem Based Learning), Metode Bernyanyi Dan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(2), 21. https://doi.org/10.20527/jikad.v4i2.12613

Agustina, E., Andanty, F. D., Setiawan, R., Susanto, F., Soelistijowati, J. O., & Putri, N. T. (2024). Peranan Game untuk Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris: Sebuah Penguatan Literasi bagi Guru Sekolah Dasar. 4(1), 32–37.

Amnisyar, Haryati, F., & Pasaribu, D. R. (2024). Penerapan Bamboozle untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 066050 Medan Denai. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 15(2), 245–253. https://doi.org/10.24114/jh.v15i2.64401

Aryanti, D. Y., Ulandari, S., & Nuro, A. S. (2023). Model problem based learning di sekolah dasar dalam kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, 1915–1925. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/762

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa kelas IV sekolah dasar. JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 2339–2444. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JIIP/article/view/2339

Carmelia, U. A., Zakiah, L., & Sumantri, M. S. (2024). Survei game online untuk meningkatkan kosakata dalam bahasa Inggris di kelas tinggi sekolah dasar. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(1), 45–56. https://doi.org/10.30957/cendekia.v18i1.883

Dalilah, W. K., & Sya, M. F. (2022). Problematika berbicara bahasa Inggris pada anak sekolah dasar. Karimah Tauhid, 1(4), 474–480. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7828

Emil Biyansyahna, & Maulana, R. (2020). Meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa dengan menggunakan gambar. Journal Informatic, Education and Management, 2(1), 55–72. https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/12

Fajria, S., Nasir, & Nasir, M. (2025). Application of scientific approach assisted by Baamboozle to improve cognitive learning outcomes on substance pressure material for class VIII SMP. Journal of Science: Learning Process and Instructional Research, 3(1), 18–25.

Habsah, I., Habiby, M. N. A., & Suwasananingtyas, S. (2024). Application of domino card media to increase learning activity of class VB students on eye parts and its functions at SDN Gadang 4 Malang. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 7(1), 19–26. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v7i1.9177

Habsah, I., Putri, L., Jauharin Farda, U., & Sa’idah, N. (2024). Development of interactive games in plane figure materials with ethnomathematics approaches in elementary school. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 146–158. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i2.770

Handayani, E. (2024). Penguasaan kosa kata bahasa Inggris peserta didik di sekolah dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 771–781. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.7903

Kajori, F. I., Hendriana, B., & Province, J. (2023). Improving students’ mathematical communication ability through problem based learning assisted by Baamboozle. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(3), 893–904. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i3.467

Kumar, R., & Lightner, R. (2007). Games as an interactive classroom technique: Perceptions of corporate trainers, college instructors and students. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 19(1), 53–63. http://isetl.org/ijtlhe/articleView.cfm?id=157

Larasati, S., Mandasari, N., & Hajani, T. J. (2024). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media Wordwall pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 34 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 49–59. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.411

Marwah Sopa S., & Ain Zulfa N. (2022). Studi literatur: Baamboozle sebagai media pembelajaran yang interaktif. Jurnal PGMI UNIGA, 1(2), 69–75.

Nurmawati, Amelia T., Siregar, P., Siregar, M. I., & Harahap, A. Z. (2024). Gamification in education: Leveraging the Baamboozle app for effective summative assessments in seventh grade of junior high school. Jurnal Mimbar Ilmu, 29(3), 467–475. https://doi.org/10.23887/mi.v29i3.90266

Puspitasari, D., Ulfah, M., Ramadhan, I., & Wijayati, Y. F. D. R. (2023). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media games dadu dan Kahoot terhadap hasil belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135–148. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295

Rabiatul Adwiah, F. S. S., & Utami, S. (2023). Penerapan model problem based learning dengan media Edudomi untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas 3 sekolah dasar berbasis lesson study. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(4), 2224–2233. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1797

Rachmah, A. (2023). Kesulitan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar. Karimah Tauhid, 1(2), 288–294. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7802

Rahmat, E. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955

Roni Hamdani, A., Dahlan, T., Indriani, R., & Ansor Karimah, A. (2022). Analisis pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(2), 751–763. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.252

Sakdiyah, I. H., Maolida, E. H., & Nurviyani, V. (2024). Utilizing game based learning Baamboozle in developing students’ English grammar mastery. JALL (Journal of Applied Linguistics and Literacy), 8(1), 132. https://doi.org/10.25157/jall.v8i1.12755

Santosa, I., Nurkhamidah, N., & Arianti, T. (2021). Tren pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris pada sekolah dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 72–84. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.72-84

Sasya, F., Ramadhan, I., & Zatalini, A. (2024). Implementation of the game based learning model using Baamboozle media as an evaluation of students. International Conference on Character and Sustainable Education (ICoCSE) Proceedings, 196–202. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/ICoCSE/article/view/30018

Setiawan, A., Antika, E. R., & Hariyadi, S. (2024). Bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan manajemen waktu siswa. Qomaruna Journal of Multidisciplinary Studies, 2(1), 87–99. https://doi.org/10.62048/qjms.v2i1.66

Suari, N. P. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241–247. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30424

Susanti, A., Susanti, S. A., & Setiawan, D. (2024). Pemanfaatan Baamboozle untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris di kelas XI SMKN 2 Surakarta. Jurnal Sains Student Research, 2(3), 930–942. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i3.1716

Verina, H. T., Mustikarani, N., Maghfiroh, S. M. N., Segara, N. B., & Wuliono. (2024). Penerapan model cooperative learning tipe TGT bantuan media Baamboozle untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(10), 1–23. https://doi.org/10.61132/jucapenbi.v2i2.297

Wardani, M. E., & Kiptiyah, S. M. (2024). Game Based Learning model with Baamboozle media based on artificial intelligence increases student engagement and learning outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 8(2), 293–303. https://doi.org/10.23887/jisd.v8i2.67141

Wulandari, W., Susanto, D. A., & Hawa, F. (2024). Exploring Baamboozle as games based learning media to support students’ vocabulary: Its application in the classroom. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(2), 6542–6551. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.10105

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-06

Cara Mengutip

Habsah, I., Habiby, M. N. A., & Putri, L. I. . (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Media Bamboozle untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Jurnal Studi Multidisiplin Qomaruna, 2(2), 37–48. https://doi.org/10.62048/qjms.v2i2.83

Terbitan

Bagian

Education