Evaluasi Kurikulum

Penulis

  • Arini Vika Sari Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • Sofyan Pariyasto Program Studi Informatika Medis, STIKes Mitra Sejati, Medan, Indonesia
  • Winri Simamora Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia
  • Ridwan Syahputra Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62048/qjms.v2i2.86

Kata Kunci:

evaluasi kurikulum, tinjauan pustaka, model evaluasi, perkembangan pendidikan, desain kurikulum

Abstrak

Evaluasi kurikulum merupakan langkah strategis dalam menjamin kualitas pendidikan. Artikel ini mengulas berbagai aspek dalam evaluasi kurikulum melalui metode kajian literatur terhadap sumber-sumber akademik terbitan tahun 2020–2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa aspek yang paling banyak dikritisi dalam implementasi kurikulum adalah ketidaksesuaian antara materi ajar dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, serta rendahnya relevansi isi kurikulum terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan dunia kerja. Selain itu, model evaluasi kualitatif, seperti wawancara mendalam dan observasi partisipatif, direkomendasikan karena mampu menangkap dimensi proses pembelajaran yang tidak terjangkau oleh pendekatan kuantitatif. Kajian ini menegaskan bahwa pemilihan model evaluasi yang tepat dapat menjadi landasan untuk perbaikan berkelanjutan dan pengembangan kurikulum yang lebih adaptif terhadap perubahan zaman.

.

Referensi

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum dalam pembelajaran pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Algae, B., Lim, S. J., & Wan Mustapha, W. A. (2022). Brown algae as a functional food source of fucoxanthin: A review. Foods, 11(15), 1–35. https://doi.org/10.3390/foods11152235

Arofah, E. F. (2020). Evaluasi kurikulum pendidikan. Jurnal Tawadhu, 15(2), 1–23.

Asrori, M. (2020). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar pada rencana pelaksanaan pembelajaran dasar. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776

Darmansah, D. (2022). Model evaluasi kurikulum dalam pembelajaran (pp. 1–4). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Fawaidi, B. (2021). Model dan organisasi pengembangan kurikulum. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 12(1), 33–46. https://doi.org/10.47766/itqan.v12i1.186

Hasan, H. (2022). Penerapan model-model pengembangan kurikulum. Jurnal Pendidikan, 2(4), 627–635.

Hamdi, M. M. (2020). Konsep pengembangan kurikulum. Jurnal Pendidikan, 1(1), 97–121.

Harianto. (2020). Sistem pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 2(1), 311–317.

Irwana, I. (2020). Persepsi guru terhadap pelaksanaan kurikulum menurut Hilda Taba Nasution. Jurnal Pendidikan, 18(3), 261–270.

Jannati. (2023). Peran guru penggerak dalam implementasi kurikulum. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714

Muhartono, D. S., Wahyuni, S., Umiyati, S., Azhar, A. W., & Puspaningrum, I. I. (2023). Evaluasi pelaksanaan kebijakan kurikulum Merdeka Belajar dalam rangka peningkatan hasil belajar. Publiciana, 16(1), 1–12.

Musarwan, M., & Warsah, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran (Konsep. Fungsi dan Tujuan) Sebuah Tinjauan Teoritis. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 186–199. https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.35

Nurrohmi, T. A., & Rosdiana, W. (2020). Evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah. Publika, 1–12. https://doi.org/10.26740/publika.v9n1.p1-12

Rifa’i, A., Kurnia Asih, N. E., & Fatmawati, D. (2022). Penerapan kurikulum pada pembelajaran sekolah. Jurnal Syntax Admiration, 3(8), 1006–1013. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i8.471

Scriven, M. (1967). The methodology of evaluation. In R. W. Tyler, R. M. Gagné, & M. Scriven (Eds.), Perspectives of curriculum evaluation (pp. 39–83). Rand McNally.

Sianturi, R. E., Simangunsong, E. F., Zebua, Y., & Turnip, H. (2022). Pengawasan dan evaluasi kurikulum. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 1(4), 175. https://doi.org/10.29300/btu.v4i1.1995

Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (1983). Systematic evaluation: A self-instructional guide to theory and practice. Kluwer-Nijhoff Publishing.

Sutrisno. (2022). Guru melaksanakan evaluasi pembelajaran di era. ZAHRA: Research and Thought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/ZAHRA/article/view/409

Sawaluddin, S. (2020). Konsep evaluasi dalam pembelajaran pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 39–52. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775

Tyler, R. W. (1949). Basic principles of curriculum and instruction. University of Chicago Press.

Yulianti, M., Anggraini, D. L., Siti Nurfaizah, & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangkan kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-06

Cara Mengutip

Sari, A. V., Pariyasto, S., Simamora, W., & Syahputra, R. (2025). Evaluasi Kurikulum. Jurnal Studi Multidisiplin Qomaruna, 2(2), 49–57. https://doi.org/10.62048/qjms.v2i2.86

Terbitan

Bagian

Education