Strengthening Nadhatul Ulama as Moderate Islam in the Digital Era

Penulis

  • Feryani Umi Rosidah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  • Nur Faizah

DOI:

https://doi.org/10.62048/qjms.v1i2.49

Kata Kunci:

Islam Moderat, NU, era digital

Abstrak

 Era digital, milenial, atau Revolusi Industri 4.0 menghadirkan berbagai tantangan dan persaingan yang ketat, yang memerlukan tidak hanya kompetensi global tetapi juga keterampilan berpikir kritis. Hal ini sangat penting bagi umat Muslim (khususnya anggota NU) untuk menghindari keterasingan dan peminggiran. Makalah ini bertujuan untuk menganalisis penguatan ideologi moderat NU, yang memiliki pengikut terbesar di Indonesia dan sangat mempengaruhi peradaban bangsa. NU, sebagai gerakan Islam moderat, mengadopsi pendekatan inklusif melalui penggunaan bijaksana media sosial dan teknologi digital, perannya dalam pendidikan, promosi literasi digital, melawan hoaks, dan partisipasi dalam dialog antaragama. Selain itu, NU mempromosikan pemahaman tentang Islam moderat, mendorong perdamaian, dan memerangi ekstremisme di tengah pesatnya kemajuan teknologi informasi. Islam moderat dipandang bukan hanya sebagai agama tetapi juga sebagai cara hidup yang beradab. Upaya NU di masa lalu, sekarang, dan masa depan harus tetap dinamis, terus beradaptasi dengan tantangan zaman di skala global, untuk membangun Indonesia yang lebih maju di masa depan

Referensi

Esha, M.I. (2015). Peran Strategis Nahdlatul Ulama di Era Kenusantaraan-Global, dalam NU di Tengah Globalisasi, Kritik, Solusi, dan Aksi. UIN-Maliki Press.

Faizah, N. (2023). The Elderly and Hoaxes within the Sphere of Indonesian Democracy in the Digital Age, Qomaruna: Journal of Multidisiplinary Studies, 1(1), 15-22

Faizah, N. (2019). Hoax, Millennial generation, and SocialMedia in the Indonesian Democratic Circle, Proceedings of the 19th Annual International Conference on Islamic Studies, AICIS 2019. http://dx.doi.org/10.4108/eai.1-10-2019.2291695

Faizah, N., & Umam S., (2023). Masyarakat Islam Indonesia dalam Perspektif Subkultur Pesantren Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 21(1)

Fithriyyah, M.U., & Umam M.S. (2018). Quo Vadis Ormas Islam Moderat Indonesia? Meneropong Peran NU-Muhammadiyah Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Politea 1(1), 15-28

Fridiyanto, Rafii M., & Sobri, M. (2021). Kontribusi Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama: Membangun Islam Moderat, Inklusif, Dan Komitmen Kebangsaan Dalam Nahdlatul Ulama Di Tengah Gelombang Disrupsi, ISBN: 978-623-7652-83-0, 177-189

Fitria, W., & Subakti, G.E. (2022). Era Digital Dalam Perspektif Islam: Urgensi Etika Komunikasi Umat Beragama Di Indonesia, Jurnal Penelitian Keislaman, 18(2), 143-157

Hilmy, M. (2012). Qui-Vadis Islam Moderat Indonesia? Menimbang Kembali Modernisme Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, MIQOT Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 36(2), 262-280. http://dx.doi.org/10.30821/miqot.v36i2.127

Inayatillah, Kamaruddin, & Anzaikhan, M. (2022). The History of Moderate Islam in Indonesia and Its Influence on the Content of National Education, Journal of Al-Tamaddun, 17(2), 213-226. https://doi.org/10.22452/JAT.vol17no2.17

Mashoeri, A.T., Lubis, A.R., & Moefad, A.M. (2023). Construction of Religious Moderation at Nahdlatul Ulama Online Media in East Java. Muharrik Jurnal Dakwah dan Sosial 6(1), 71-86. https://doi.org/10.37680/muharrik.v6i1.2814

Muradi, A. (2021). Kontribusi Perguruan Tinggi Nadhatul Ulama: Membangun Islam Moderat, Inklusif, Dan Komitmen Kebangsaan, dalam NU Di Tengah Gelombang Disrupsi,

Muniroh, A. (2022). Penguatan Islam Moderat di Era Disrupsi, Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 6(1), 1234-1244. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.444

Muvid, M.B. (2023). Model Dakwah Berbasis Humanis di Era Digital: Upaya Transformasi Nilai-nilai Islam Rahmatan Lil Alamin, Jurnal Mediakita (Komunikasi dan Penyiaran Islam), 7(1), 1-14. https://doi.org/10.30762/mediakita.v7i1.952

Rahman, M.B. (2019). MASA DEPAN WAJAH ISLAM INDONESIA: Kajian atas Islam

ModeratProgresif. NUSANTARA Journal for Southeast Asian Islamic Studies, 15(1), 10-28

Rifqi, M., (2023). Islamic communication and broadcasting: Strengthening Islamic Religious Messages in the digital era. https://doi.org/10.31219/osf.io/f7ybm

Mushlihin. (2019). Model Edukasi Digital Islam Moderat Di Era Milenial: Media, Identitas Dan Otoritas Keagamaan. Proceeding of International Conference on Islam and Civilizations (ICIC, 2019), 379-387

Sutrisno (2023). Madrasa Agility in the Digital Age: Increasing Flexibility and Countering Artificial Intelligence Threats. Al-Wijdán: Journal of Islamic Education Studies, 8(2), 294-309. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v8i2.2478

Tim, (2021). Nadhatul Ulama Di Tengah Gelombang Disrupsi: Meneguhkan Islam Nusantara, Mempertahankan NKRI (Kumpulan Tulisan Menyambut Muktamar Nahdlatul Ulama ke-34). Yayasan Sahabat Alam Rafflesia.

Van, Martin, Bruinessen, (1994), NU Tradisi, Relasi-relasi Kuasa, Pencarian Wacana Baru. LKIS.

Wahyudi, W.E. (2018). Tantangan Islam Moderat Di Era Disruption (Mempromosikan Islam

Washatiyah di Tengah Generasi Milenial). Proceedings 2nd Annual Conference for Muslim Scholars, 922-928. https://doi.org/10.36835/ancoms.v0iSeries%202.192

Zamzami., M., Nisok, S.R., Muktafi, Abd a’la, Mukaffa. Z., (2023). Mainstreaming religious moderation in the digital space: An examination of Islami.co web portal from the perspective of Jürgen Habermas’s Communicative Rationality. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 39(1), 73-91. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2023-3901-05

https://www.harakatuna.com/islam-moderat-di-indonesia.html, diakses 10 Mei 2023

https://ibtimes.id/100-situs-islam-indonesia-nu-online-peringkat-pertama/, diakses tanggal 21 Mei 2023.

https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4461/1/NU%20DI%20TENGAH%20GELOMBANG%20DI SRUPSI%20-%2031052021%20WITH%20COVER.pd f, diakses 12 Mei 2023.

https://ibtimes.id/100-situs-islam-indonesia-nu-online-peringkat-pertama/ , diakses 1 Juni 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-10-16

Cara Mengutip

Rosidah, F. U., & Faizah, N. (2024). Strengthening Nadhatul Ulama as Moderate Islam in the Digital Era. Jurnal Studi Multidisiplin Qomaruna, 1(2), 103–111. https://doi.org/10.62048/qjms.v1i2.49

Terbitan

Bagian

Islamic Studies